isGua Lascaux, Peranc



Kompleks gua Lascaux merupakan gua yang begitu terkenal di Perancis. Letaknya ada di Barat Daya negara Perancis. Gua ini terkenal dengan lukisan Paleolitik pada dindingnya. Dalam gua yang berunsur seni tinggi ini terdapat 900 jenis lukisan yang begitu sempurna dari jaman Paleolitik Muda. Usia lukisan ini diperkirakan sudah mencapai 17.300 tahun. Sebagian lukisan terdiri dari gambar hewan besar yang tinggal di daerah itu ribuan tahun yang lalu.

Gua Lascaux mulai ditutup untuk umum sejak tahun 1963. Wisata yang begitu indah ini ditutup karena kehadiran manusia berpotensi untuk merusak lukisan-lukisan yang ada di dalam gua. Hanya petugas keamanan yang diperbolehkan untuk menyisiri gua untuk menjaga keamanan dan memeriksa kondisi gua. Pada tahun 1979, Gua Lascaux telah ditambahkan dalam daftar tempat warisan dunia oleh UNESCO.